Tempat Wisata Populer – Bukittinggi adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Sumatera Barat. Jika Anda berencana untuk mengunjungi pulau di Indonesia bagian barat ini, ada baiknya Anda memasukkan Bukittinggi sebagai kota untuk dikunjungi.

Terletak di dataran tinggi, selain anginnya yang sejuk, ada banyak tempat yang bisa dikunjungi wisatawan. Wisata alam seperti Ngarai Sianok; Situs bersejarah seperti Istana Bung Hatta; Ke tempat-tempat terkenal seperti menara jam terkenal. Berikut 10 tempat wisata yang direkomendasikan di Bukittinggi.

1. Jam Gadang

Sejarah Jam Gadang di Bukittinggi dan Berkibarnya Bendera Merah Putih

Monumen ini sering disebut sebagai Big Ben versi lokal. Menara jam di kawasan Sabai Nan Aluih Park ini menyerupai menara jam raksasa di London. Namun, atap Jam Gadang mengandung unsur Indonesia yang disebut atap Minangkabau biasa.

Tinggi 13 meter. Jam tangan besar ini sangat cocok. Selalu ramai, apalagi di hari libur. Jam Gadang adalah tujuan wisata nomor satu Bukittinggi. Patung ini merupakan simbol dari kota-kota di Sumatera Barat.

Keluargamu Anda bisa mengunjungi tempat ini bersama kerabat atau rekan kerja. Taman di sekitarnya adalah tempat yang bagus untuk bersantai.

2. Taman Monumen Bung Hatta

Taman Monumen Proklamator Bung Hatta, Bukittingi: Berwisata Sambil Belajar Sejarah - Alonesia

Taman Monumen Bung Hatta terletak di kawasan yang sama dengan keraton dengan nama yang sama. Lokasinya tidak jauh dari menara jam. Areal taman terbentang dari Jalan Jam Gadang hingga cabang di Jalan Haji Agus Salim. Seperti namanya, taman ini didedikasikan untuk wakil presiden pertama keturunan Indonesia, Mohammad Hatta.

Di tengah taman terdapat patung perunggu Bung Hatta. Patung Bung Hatta bertopi dan berkacamata tinggi. Senyum di wajahnya seolah menyapa para tamu.

Ada juga empat kartun di taman ini yang menceritakan kisah hidup Bung Hatta. Maka Anda tidak hanya bisa berwisata tapi juga belajar sejarah.

3. Istana Bung Hatta

Istana Bung Hatta Bukittinggi Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Di area yang sama terdapat Istana Bung Hatta yang juga dikenal sebagai Gedung Negara Tri Arga. Istana ini pernah menjadi rumah Bung Hatta dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Namun, renovasi selama perang Belanda tahun 1960-an menghancurkan bangunan yang ada.

Istana Bung Hatta digunakan sebagai kantor pemerintahan darurat setelah pendudukan Belanda di Bukittinggi. Bangunan ini dikelola oleh Dinas Cagar Budaya Sumatera Barat. Maka nilai sejarah bangunan ini bisa dilestarikan selamanya.

4. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Melihat Rumah Bung Hatta, Bapak Proklamator Kebanggaan Orang Minang

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, terkait dengan sejarah Bung Hatta; Bukittinggi memiliki banyak tempat wisata. Rumah terletak di Jl. Soekarno-Hatta No. Pada usia 37 tahun, Bung Hatta mempertahankan banyak peralatan yang pernah digunakannya, tetapi gedung itu runtuh pada 1960-an karena renovasi.

Beberapa perabotan di rumah ini masih sama sejak Bung Hatta tinggal di rumah ini. Hal yang sama berlaku untuk pengaturan. Sama seperti sebelumnya.

5. Janjang Saribu

JANJANG SARIBU Bukittinggi Tiket & Daya Tarik Maret 2022 - TravelsPromo

Tempat lain yang disarankan untuk Bukittinggi adalah Janjang Saribu. Apakah Anda pernah ke Tembok Besar China? Sebaliknya Bukittinggi memiliki tembok besar dengan ribuan anak tangga dan tidak perlu pergi ke Bambu.

Berdampingan dengan Kabupaten Agam 780 m. Penduduk setempat menyebutnya Jembatan Kabel Merah di tengah jalan.

Dibutuhkan sekitar 30 menit untuk menuruni tangga. Saat selesai Anda akan melihat pemandangan Ngarai Sianok yang menakjubkan.

6. Jembatan Gantung Guguak

5 Jembatan Gantung yang Pacu Adrenalin Nan Instagramable | Gaya Hidup

Jembatan Gantung Guguak terletak di kawasan Koto tidak jauh dari Janjang Saribu. Bahkan Jembatan terkenal yang tersebar di internet ini menawarkan keindahan alam yang mempesona.

Di sebelah kiri Anda dapat melihat Ngarai Sianyia yang luas dengan dua air terjun setinggi 75 meter. Sebagian besar tamu di sudut ini mengambil foto selfie momen paling bahagia mereka.

Jembatan Gantung Guguak sendiri berada 150 meter di atas permukaan tanah dan panjangnya 120 meter. Dikelilingi perbukitan hijau yang asri, jembatan baja ini serasa berada di tengah hutan. Namun berhati-hatilah saat berfoto selfie. Pasalnya, jembatan tersebut dapat mengakses dua desa yang lalu lalang dengan kendaraan roda dua.

7. Ngarai Sianok

Indahnya Ngarai Sianok dalam Uang Rupiah Baru - Lifestyle Liputan6.com

Ngarai Sianok adalah ngarai yang sangat curam dilihat dari puncak Gunung Janjang Saribu. Lembah di daerah Koto merupakan kode yang digunakan sebagai simbol desa. Pemandangan lembahnya hijau dan luas.

Bahkan Ngarai Sinok, menjadi tujuan wisata utama di Sumatera Barat, terletak 15 km dari Sesar Semangko, yang membelah daratan Sumatera. Batang Sianok adalah sungai indah yang bisa dilintasi dengan sampan atau sampan.

Kerbau liar terlihat berkeliaran bebas di lembah ini. Dengan suasana yang sangat sejuk. Tempat ini juga dikenal sebagai Lembah Senyap dan sangat cocok bagi mereka yang ingin menyegarkan diri dari rutinitas.

8. Gunung Takuruang

Pesona Ngarai Sianok: dari Bukit Takuruang hingga Janjang Koto Gadang

Masih di kawasan Ngarai Sianok. Bukit Takuruang adalah gunung yang bisa Anda kunjungi. Gunung, yang berarti gunung terkunci, duduk di tebing yang membelah sungai. Oleh karena itu, Bukit Takuruang disebut juga sebagai gunung terpencil.

Bukit Takuruang menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan suara sungai yang mengalir dari tepi sungai. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan udara segar alami.

9. Rumah Pohon Inyiak

Kumpulan Foto Rumah Pohon Inyiak, Wisata Baru Dekat Greatwall Sumbar

Masih di kawasan Ngarai Sianok. Rumah Pohon Inyiak terbuka untuk umum. Tempat baru ini adalah palsu yang dibangun di atas tanah yang tidak terpakai.

Rumah Pohon Inyiak merupakan rumah yang dibangun dengan arsitektur tradisional. Pembangunan objek ini merupakan bagian dari rencana pemerintah daerah untuk mempromosikan pariwisata.

Kenapa disebut rumah pohon? Rumah adat ini dibangun di atas atap dengan halaman rumput yang hijau. Di Sini Berfoto selfie dengan latar belakang rumah gadang tradisional Minangkabau. Ada sebuah kamp di dekat Ngarai Sianok. Jadi tidak salahnya bermalam di sini.

10. Kebun Binatang Budaya dan Margasatwa Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan, Kebun Binatang Tertua di Indonesia | Itiak Lado Mudo "Pak Ayang"

Kebun binatang yang terletak di Bukit Cubadak Bungkuak ini memiliki banyak keistimewaan. Selain koleksi hewan yang lengkap, Taman Margasatwa Kinantan adalah salah satu kebun binatang tertua di Indonesia yang dibangun oleh Hindia Belanda pada tahun 1900-an.

Hal ini terhubung ke sebuah jembatan yang disebut Limpapeh. Kebun binatang terhubung ke landmark terdekat dan Fort de Kock.

Suaka Margasatwa Kinantan juga memiliki museum rumah adat yang bisa Anda kunjungi. Oleh karena itu, Anda dapat mengunjungi banyak tempat untuk dikunjungi dalam satu tempat.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Minyak Pada Kulit Wajah