Tempat Wisata di Kulon Progo – Kulon Progo terletak di daerah istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Karena itu Banyak orang menganggap Kulon Progo sebagai hari libur.

Ada banyak tempat menarik untuk dikunjungi di sepanjang Kulon Progo. Mulai dari pemandangan alam yang menakjubkan hingga situs bersejarah. Berikut beberapa tips wisata di Kulon Progo yang pasti menarik bagi Anda.

1. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo - Lokasi, Fasilitas, Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Perjalanan ini merupakan objek wisata alam yang unik. Saat Anda mengunjungi Puncak Suroloyo, Anda bisa menikmati pemandangan unik Kulon Progo. Puncak ini berada di kawasan Perbukitan Menoreh.

Gunung Sumbing mencapai puncak Gunung Suroloyo. Merbabu Anda bisa melihat Sindoro dan Merapi. Jika cuaca bagus dan tidak ada kabut, Anda bisa melihat Candi Borobudur dari puncak Gunung Suroloyo.

Puncak menuju Puncak Suroloyo sangat tinggi dan tidak membutuhkan jalan kaki yang jauh. Puncak Suroloyo buka 24 jam sehari. Jika ingin berkunjung, sebaiknya berkunjung sebelum matahari terbit. Pada saat itu Anda akan memiliki pemandangan yang sangat istimewa.

2. Puncak Gunung Lanang

Puncak Gunung Lanang | Foto, Lokasi, Rute, Harga Tiket, & Fasilitas

Tempat Wisata di Kulon Progo Perjalanan ini tergolong baru. Gunung Lanang terletak di desa Jatimulyo dan menawarkan keindahan alam yang unik. Anda bisa menggunakan tangga untuk mencapai puncak Gunung Lanang.

Mendaki banyak anak tangga memang melelahkan untuk mencapai puncak Gunung Lanang, namun keindahan yang memanjakan mata menghilangkan penat.

3. Gua Kiskendo

7 Lokasi Goa

Perjalanan lain ke Kulon Progo adalah Goa Kiskendo. Gua Kiskendo terletak di desa Jatimulyo. Gua Kiskendo pernah menjadi tempat terjadinya Pertempuran Sugriwo dan Subali antara Maesuro dan Lemusur.

Kisah pertempuran dapat dilihat pada lukisan Goa Kiskendo. Saat memasuki Gua Kiskendo, Anda akan menemukan karangan bunga dan karangan bunga yang indah. Gua Kiskendo buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

4. Gua Sriti

Goa Kulon Progo lainnya adalah Gua Sriti. Terletak di Dukuh Dukuh di Prefektur Samigaluh, Goa Sriti tidak hanya tujuan wisata tetapi juga tempat nilai sejarah yang besar.

Gua ini pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro juga menggunakan Gua Sriti sebagai tempat bersemedi.

5. Goa Kebon Krembangan

Goa Kebon Krembangan - Tribunnewswiki.com Mobile

Gua unik Kulon Progo lainnya adalah Gua Kebon Krembangan. Ada sungai di dalam gua yang tidak pernah kering. Inilah yang menjadi daya tarik Gua Kebon Krembangan. Anda bisa bermain di sungai yang mengalir dari mulut Gua Kebon Krembangan. Di dasar gua ada kolam renang.

6. Air Terjun Sidoharjo

Tingginya Air Terjun Sidoharjo, Surga Tersembunyi di Kulon Progo : Okezone Travel

Kulon Progo juga memiliki beberapa wisata air terjun yang indah. Wisata air terjun tersebut bernama Air Terjun Sidoharjo. Air Terjun Sidoharjo terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh.

Wisata air terjun ini merupakan air terjun tertinggi dan terindah di Kulon Progo. Air Terjun Sidoharjo memiliki ketinggian 75 meter. Di kejauhan, Air Terjun Sidoharjo terlihat seperti awan.

Terkadang pelangi yang indah akan muncul di air terjun ini. Saat mengunjungi Air Terjun Sidoharjo, Anda hanya bisa berenang di bawah air terjun. Ada atap di bawah air terjun ini. Anda bisa menyelam di Kedung.

7. Air Terjun Kembangsoka

Berkunjung ke Air Terjun Kembang Soka yang Indahnya Mampu Melepas Gundah - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta

Air Terjun Kembangsoka juga menjadi tujuan wisata populer di Kulon Progo. Bahkan Air terjun ini terletak di desa Jatimulyo di Prefektur Girimulyo. Airnya jernih dan debitnya tidak tinggi, namun ada tahapan aliran yang membuatnya menonjol.

Aliran Air Terjun Bungasoka tidak terlalu deras dan Anda bisa berenang di bawahnya. Tambahan, Anda juga bisa menggunakan air terjun ini sebagai background foto. Melompat di air terjun yang tidak terlalu deras bisa menghilangkan rasa lelah. Tiket Air Terjun Bungasoka sangat terjangkau dengan harga Rp 5.000 per orang.

8. Pantai Glagah

Pantai Glagah - Rute Lokasi, Daya Tarik Wisata, Harga Tiket & Fasilitas

Pantai ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata utama Kulon Progo. Kulon Progo memiliki tempat wisata pantai yang sangat istimewa yaitu Pantai Glagah. Daya tarik utama Pantai Glagah adalah Danau Sea Point. Ombak di Pantai Glagah memang besar, namun menambah keunikan pantai tersebut. Ombak tidak melintasi pantai ini.

Meski begitu, memilikinya masih di luar jangkauan rata-rata orang. Sholat di pantai Glagah. Parkir mobil yang luas. gazebo; Toilet lengkap dan fasilitas lainnya.

Saat berkunjung ke Pantai Glagah, Anda bisa mampir ke Taman Semangka dan Naga yang ada di dekat Pantai Glagah. Di kebun Anda dapat menemukan kebun semangka dan buah naga dan membeli buah-buahan di kebun.

9. Pantai Congot

10 Gambar Pantai Congot, Harga Tiket Masuk Jalan Menuju Hutan Mangrove Ada Buaya Kulon Progo Purworejo | JejakPiknik.Com

Wisata pantai lain yang bisa Anda kunjungi di Kulon Progo adalah Pantai Congot. Pantai ini terletak di desa Jangkaran. Pantai Congot adalah pemandangan yang spektakuler. Mangrove ini dapat ditemukan di lepas pantai Congot.

Di ujung pantai Congor. Pantainya ditumbuhi pohon palem. Pohon kelapa menambah nilai unik dari pantai Kongo ini.

Anda juga bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam dari Pantai Congot. Ada juga pos lanskap sebagai simbol unik. Monumen di gardu pandang terlihat seperti gitar. Ambil foto pantai Kongo yang indah sebagai latar belakang di pos lanskap.

10. Pantai Trisik

Potensi Wisata Pantai Trisik Sulit Dikembangkan, Kenapa Ya? : Okezone Travel

Pantai lain di Kulon Progo yang menawarkan pemandangan indah adalah Pantai Trisik. Ketika Anda mengunjungi Pantai Trisik, Anda tidak dapat melihat pantai. Tapi konservasi penyu dapat ditemukan di sini.

Ada pusat konservasi penyu di Pantai Trisik yang bisa Anda kunjungi. Selain itu, Anda bisa melihat berbagai macam burung terbang di Pantai Trisik.

Ombak besar di pantai Trisik. Jadi Anda tidak bisa berenang di pantai ini. Meski begitu, memilikinya masih di luar jangkauan rata-rata orang. Anda juga bisa bersantai di kursi pantai sambil menyaksikan burung-burung terbang di Pantai Trisik. Merasakan suasana seperti ini menjernihkan pikiran Anda dari kehidupan perkotaan yang kacau.

Baca Juga : 5 Tips Efektif Belajar Online di Rumah